Operasi Lilin Progo 2021 Tanpa Penyekatan

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRjogja.com – Polda DIY menggelar operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 dengan sandi Operasi Lilin Progo 2021. Ribuan personel gabungan, akan dilibatkan dalam operasi yang akan digelar mulai hari ini, Jumat (24/12) hingga Minggu (2/1) 2022.
Berbeda dari tahun sebelumnya, meskipun masih di masa pandemi, namun tidak ada penyekatan di wilayah perbatasan. “Kita tidak akan lakukan penyekatan di batas kota, tapi fokus pada pengetatan prokes terutama tempat keramaian seperti di lokasi wisata. Pengamanan tempat ibadah selama Natal, tentu saja tetap menjadi prioritas kami,” ujar Wakapolda DIY Brigjen Pol Slamet Santoso SIK usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin di halaman Mapolda DIY, Kamis (23/12).
Menurut Wakapolda, sebagai kota kedua tujuan wisata, diprediksi akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogya. Sehingga untuk menekan penyebaran Covid-19, pengetatan prokes di tempat keramaian, harus dilakukan. Selain itu, Polda telah melarang kerumunan saat malam perayaan malam tahun baru. Adanya potensi bencana seperti erupsi Gunung Merapi dan banjir, juga menjadi atensi dalam operasi tahun ini.
Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK mengatakan, personel yang bertugas di lapangan akan lebih mengedepankan kegiatan preemtif berupa imbauan kepada masyarakat tentang pendisiplinan prokes, terutama dalam penggunaan masker. “Selain fokus terhadap pengamanan tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya, serta antisipasi kemacetan jalan, personel yang bertugas akan melakukan imbauan dalam mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker, jaga jarak dan lainnya,” ujar Yuliyanto.
Meskipun tanpa penyekatan, namun menurut Yuliyanto, Polda DIY dan jajarannya mendirikan pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan), dalam menjaga kondusifitas keamanan di wilayah DIY. Kasat Lantas Polres Sleman AKP Anang Tri Nuvian menuturkan, ada 2 pospam dan 2 posyan didirikan di wilayah Sleman. Pospam berada di Tempel dan Prambanan, sedangkan posyan di objek wisata Kaliurang dan Ambarukkmo Plaza. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI