Operasi Patuh Progo Digelar, Pelanggar Lalu Lintas Dibidik!

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jajaran Polda DIY menggelar Operasi Patuh Progo 2019. Operasi ini menyasar para pelanggar lalu lintas di jalan raya.

"Operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan lalu lintas yang dilaksanakan dengan mengedepankan fungsi lalu lintas Polri dengan didukung fungsi operasional kepolisian lainnya yang dilaksanakan secara profesional, bermoral dan humanis," kata Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, di Mapolda DIY, Kamis (29/08/2019).

Baca Juga: Jalan Parangtritis Makan Korban, Pengendara Motor Tewas

Operasi Patuh Progo 2019 digelar selama 14 hari, mulai 29 Agustus – 11 September 2019 di seluruh wilayah hukum Polda DIY. Personel yang dikerahkan adalah anggota Polantas Polda dan Polres jajaran se-DIY.

Dijelaskan oleh Yuliyanto, bentuk operasi pemeliharaan keamanan lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polantas dalam rangka 'Kamseltibcarlantas'.

"Operasi didominasi oleh kegiatan preemtif 60 persen dan preventif 40 persen," ujarnya. 

Yuliyanto menambahkan, tujuan Operasi Patuh adalah untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan. Juga meningkatkan ketertiban dan kepatihan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. 

Baca Juga: Motor Tabrak Truk di Salatiga, Satu Tewas

Sasaran operasi adalah segala bentuk potensi gangguan dan ambang gangguan pelanggaran UU 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang kasat mata dan berpotensi menyebabkan ketidaktertiban lalu lintas. Dengan demikian, masyarakat bisa mempersiapkan segala perlengkapan berkendara saat melakukan perjalanan.(*) 

BERITA REKOMENDASI