Operasi Progo, Polda DIY Ungkap 15 Kasus Curas

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jajaran Polda DIY berhasil mengungkap 20 tersangka atas kasus pencurian dan kekerasan (curas) dalam operasi Progo 2019 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta selama dua pekan.

"Hasil pelaksanaan operasi curas progo 2019 dilaksanakan 9 Agustus sampai tanggal 22  Agustsus 2019. Untuk target operasi (TO) ada 14 kasus yang diungkap dari lima Polres jajaran Polda DIY," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, saat jumpa pers di Mapolda DIY. Senin (26/08/19).

Menurut Wadir Direskrimum AKBP Nugrah Trihadi, operasi curas inidalam rangka menekan sekecil mungkin peristiwa tindak pidana khususnya pencurian dan kekerasan. Termasuk mengungkap sebanyak mungkin tindak pidana di wilayah hukum Polda DIY. "Kami menetapkan TO sebanyak 14 kasus curas yang merupakan target utama. Selain target yang sudah ditentukan, di dalam pelaksanaanya sering kali juga mengungkap perkara non target (NTO)."

AKBP Nugrah Trihadi menjelaskan dari TO dan non TO ada 20 tersangka sebagai pelaku kasus tindak pidana pencurian dan kekerasan. Diantaranya tersangka TO 19 dan 1 tersangka NTO. 20 tersangka ada 6 diantaranya yang residivis. "Tindak kejahatan yang banyak dilakukan oleh para tersangka diantaranya penjambretan, perampasan dengan korban remaja. Kami tetap mengimbau kepada masyarakat ketika bepergian usahakan tidak terlalu mencolok, jangan menggunakan ponsel di lampu merah. Begitu juga ibu-ibu, jangan menggunakan perhiasan berlebih, akan memancing tindak kejahatan,"ungkapnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan ada 26 barang bukti yang terdiri dari 6 unit motor, 1 unit mobil, 13 unit ponsel, 1 unit senjata tajam, dan uang tunah Rp. 100 ribu beserta barang bukti lainnya.  (Ive) 

BERITA REKOMENDASI