Operasi Zebra Progo 2019, Polisi Sasar Kelengkapan Surat

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Polda DIY menyiagakan 1.068 personel dalam Operasi Zebra Progo 2019. Mereka akan menyasar pelanggar lalulintas yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan, dan tidak memakai helm.

"Terdiri dari Polda DIY sebanyak 350 personel, Polresta Yogyakarta 160 personel, Polres Sleman 182 personel, Polres Bantul 152 personel, Polres Kulonprogo 114 personel dan Polres Gunungkidul 110 personel," kata Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri usai gelar apel persiapan Operasi Zebra Progo 2019 di Mapolda DIY, Rabu (23/10/19).

Apel gelar pasukan dilakukan untuk mengetahui kesiapan anggota dalam melakukan operasi Zebra Progo 2019. Rencananya akan dimulai 23 Oktober, hingga 5 November 2019 yang berlangsung selama 14 hari.

"Sasaran prioritas operasi zebra pelanggaran lalulintas, kelengkapan surat-surat, tidak memakai helm," ucapnya.

Selain itu, bagi pengendara baik roda empat maupun roda dua harus mematuhi aturan ketika berkendara. Disiplin dalam berkendara itu menjadi bagian penting. Karena jumlah kecelakaan dan pelanggaran di Yogya masih cukup tinggi.

"Pengemudi tidak boleh melebihi batas kecepatan, melawan arus, berkendara dalam pengaruh minuman keras, pengendara dibawah umur, menggunakan handpone saat berkendara, dan menggunakan lampu rotator," ucapnya.

Untuk meminimalisir kecelakaan di jalan, pihaknya akan melakukan penindakan pada pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Sehingga diharapkan para pengendara kendaraan dapat menaati peraturan yang ada.

"Semoga dengan adanya operasi seperti ini dapat terus menurunkan angka kecelakaan. Karena berdasarkan data kami, tahun ke tahun angka kecelakaan memang mengalami penurunan," ujarnya. (Ive)

 

BERITA REKOMENDASI