Optimalkan Peran Tomas untuk Edukasi Prokes

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kasus penambahan kasus covid-19 di Kabupaten Sleman terus meningkat. Untuk itu peran tokoh masyarakat (tomas) dalam mengedukasi protokol kesehatan (prokes) perlu dioptimalkan. Dengan harapan bisa menekan angka penambahan kasus covid-19.

Anggota DPRD Kabupaten Sleman Indra Bangsawan SE mengatakan, penambahan kasus covid-19 di Kabupaten Sleman ini cukup memprihatinkan. Hal itu menunjukkan penerapan prokes di Kabupaten Sleman masih longgar.

“Belakangan ini, kasus penambahan covid-19 bukannya menyusut. Tapi justru terus meningkat cukup banyak. Ini menjadi keprihatinan kita semua,” kata Indra, Senin (28/06/2021).

Untuk itu, Indra menyarankan agar lebih mengoptimalkan peran tomas dalam mengedukasi prokes di masing-masing wilayah. Dengan harapan, kesadaran masyarakat tentang prokes kembali membaik.

“Mungkin karena pandemi sudah setahun lebih, masyarakat mulai jenuh. Tapi penerapan prokes tak boleh kendor. Kami berharap, para tomas untuk terus mengingatkan masyarakatnya selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pinta anggota Fraksi Golkar ini.

Pentingnya prokes ini, lanjut Indra, demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama. Mengingat sekarang ini, beberapa rumah sakit yang ada di DIY cukup kuwalahan dalam menangani kasus covid-19.

“Ini demi kepentingan bersama. Kalau nanti semakin parah, khawatirnya pasien covid-19 tidak dapat ditangani secara maksimal,” ujarnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI