Ornamen Underpass Jombor Dukung Keistimewaan DIY

SLEMAN (KRjogja.com) – Selain berfungsi memperlancar arus lalu-lintas, underpass Jombor ternyata juga turut mendukung keistimewaan DIY. Hal itu dibuktikan dengan hiasan berornamen khas Yogya di sepanjang dinding underpass tersebut.

"Karena itu, bagi siapapun yang sengaja merusak atau mencorat-coret dinding underpass ini akan diberikan sanksi. Sebab didalam regulasi Kementerian PU ada sanksinya. Nanti? akan kami mantabkan lagi dalam Perda Keistimewaan dalam sisi tata ruang," ungkap Kepala Dinas PUP-ESDM DIY, Rani Sjamsinarsi saat meninjau uji coba underpass Jombor, Senin (08/12/2014).

Didalam memasuki keistimewaan DIY, lanjut Rani, semua masyarakat didorong untuk turutmembudayakan hidup bersih serta mencintai keindahan. Terlebih, mulai tahun ini infrastruktur yang dibangun oleh PU harus dibuat indah sekaligus jadi tempat edukasi bagi masyarakat.

Ditanya soal masalah pembebasan lahan disekitar fly over Jombor, Rani menyatakan masih ada 19 bidang tanah yang belum dibebaskan. "Diharapkan, 2015 nanti Satker PJN Wilayah DIY akan kembali menganggarkan dana untuk melakukan appraisal ulang. Jika harga appraisal itu masih juga tidak disetujui warga, maka jalan terakhir akan kita bawa ke pengadilan," tandasnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Fly Over dan Underpass Jombor, Santoso mengatakan, uji coba ini hanya dilakukan sehari saja. "Beberapa kekurangan seperti rambu-rambu petunjuk akan kami lengkapi. Setelah lengkap, seminggu jelang Natal underpass ini akan difungsikan total," jelas Santoso. (M-4)

BERITA REKOMENDASI