Pakar UGM Kritik “Blusukan” Mensos Risma, Ada yang Salah?

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pakar Politik Pemerintahan UGM, Dr Wawan Mas’udi mengkritik aksi blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Wawan menilai aksi tersebut bukanlah hal tepat dilakukan oleh seorang menteri.

Wawan mengatakan persoalan sosial di Indonesia sangatlah banyak dan beragam mulai dari masalah kebijakan hingga persoalan di lapangan. Semestinya, berbagai persoalan di lapangan seperti mengurusi tuna wisma, gelandangan, membantu masyarakat yang memiliki persoalan terkait pemenuhan kebutuhan hidup dan lainnya menjadi tugas pemerintah yang berada di level bawah, bukan seorang menteri.

“Kalau dari sisi politik pemerintahan aksi blusukan menteri itu tidak tepat. Penyelesaian dan cara untuk menangani masalah gelandangan, tuna wisma dan lainnya untuk memberikan bantuan langsung itu tugas dari pemerintah kota, pemerintah daerah, dan pemerintah provinsi. Sementara tugas menteri memastikan kebijakan yang berhubungan dengan persoalan sosial dirancang dan diimplementasikan dengan baik,” ungkapnya pada wartawan, Jumat (8/1/2021).

Aksi blusukan yang dilakukan Mensos Risma menurut Wawan dimungkinkan karena masih mantan Walikota Surabaya itu masih terbawa dengan kebiasaan lama. “Sebagai menteri sekali waktu blusukan boleh lah, tapi harus jelas tujuannya misal memastikan program nasional terkait jaminan nasional diterima masyarakat atau tidak,” sambung pria yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fisipol UGM ini.

BERITA REKOMENDASI