Paling Unik, Kawasan Geo Heritage Ini Berhimpitan dengan Perumahan MBR

SLEMAN,KRJOGJA.com – Gunung Wungkal atau lebih dikenal dengan nama Bukit Pandawa, akan segera menjadi kawasan geo heritage paling unik. Warisan geologi yang tiada duanya ini, secara kebetulan berada di dalam kompleks perumahan bersubsidi Godean Jogja Hills (GJH), di Dusun Jering, Sidorejo Godean, Kabupaten Sleman. Dulunya, daerah ini adalah kawasan perbukitan yang sangat sepi, meski lokasinya tidak jauh dari kota.

Nama Bukit Pandawa dipastikan masuk dalam daftar 20 kawasan geo heritage di DIY. Tim Verifikasi Kawasan Cagar Alam Geologi dan Warisan Geologi DIY menginformasikan, bahwa surat keputusan ini sudah diketok oleh pemerintah pusat, dan segera akan diserahterimakan kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

“Kalau rencana, tanggal 22 Maret nanti akan diserahkan. Karena itulah, sekarang kami ke lapangan untuk melakukan pemetaan zona,” kata Dr C Prasetyadi, yang memimpin rombongan Tim Verifikasi Kawasan Cagar Alam Geologi dan Warisan Geologi DIY ke Gunung Wungkal atau Bukit Pandawa, Rabu (17/3/2021).

Ikut hadir Guru Besar sekaligus Peneliti Senior Geologi UPN Prof Bambang Pratistho, beserta perwakilan dari instansi terkait di Pemda DIY dan Sleman. Pemetaan dilakukan, menyusul telah ditetapkannya Gunung Wungkal sebagai titik geo heritage oleh pemerintah pusat melalui Badan Geologi Kementerian ESDM.

BERITA REKOMENDASI