Pandemi, Banyak Warga Miskin Faktual Nunggak Bayar BPJS Kesehatan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Akibat pandemi Covid-19, banyak warga miskin dan rentan miskin faktual menunggak pembayaran BPJS Kesehatan kelas 3. Tentunya masyarakat miskin dan rentan miskin faktual yang akan mengakses layanan kesehatan tidak bisa. Untuk itu, dewan menyarankan pemerintah dapat melunasi tunggakan BPJS kesehatan warga miskin dan rentan miskin faktual menggunakan dana Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Sleman M Zuhdan SPd MAP mengatakan, keluarga miskin dan rentan miskin faktual ini belum masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan belum terkaver BPJS Kesehatan dari pemerintah. Kemudian keluarga miskin dan rentan miskin faktual ini dijanjikan akan dimasukkan DTKS, namun diminta mendaftar terlebih dulu BPJS kesehatan kelas 3.

“Memang mereka itu warga miskin dan rentan miskin. Tapi mereka belum masuk DTKS. Mereka dijanjikan akan dimasukkan DTKS. Sambil menunggu terdaftar DTKS, mereka diminta mendaftarkan BPJS Kesehatan kelas 3,” jelas Zuhdan kepada KRJOGJA.com, Senin (6/9/2021) malam.

BERITA REKOMENDASI