Pangan Lokal Sejahterakan Petani dan Nelayan

SLEMAN (KRjogja.com) – Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar aksi Gerakan Satu Hari Pangan Lokal (GASPOL). Setelah melakukan longmarch dari kampus, para peserta aksi memfokuskan aksi mereka di sekitaran Bundaran UGM, Rabu (17/08/2016).

Peserta aksi menghimbau kepada masyarakat luas agar bisa menjaga eksistensi serta mengkonsumsi pangan lokal. "Melestarikan dan membantu para petani dan nelayan salah satu caranya adalah mengkonsumsi makanan lokal", jelas kordinator acara, Riri Roah.

Mahasiswa menyuguhkan aksi teatrikal tentang bagaimana keadaan para petani dan nelayan lokal saat ini. Keadaan petani serta nelayan lokal saat ini sangat kurang diperhatikan oleh pemerintah sehingga hasil bumi yang diperoleh belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, maka pemerintah harus melakukan impor dari negara lain untuk memenuhi stok kebutuhan.

Selain menjadi ajang penggiat makanan lokal, acara ini juga menjadi sarana penguat solidaritas antar mahasiswa. "Kita melibatkan mahasiswa baru agar memicu rasa solidaritas yang tinggi antar individu, serta yang paling penting tadi, membiasakan mengkonsumsi pangan lokal", pungkas Riri. (Muhammad Akbar Samudra)

 

UGM

BERITA REKOMENDASI