Panwaskab Buka Pendaftaran Panwasdes

SLEMAN, KRJOGJA.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sleman mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. 

Salah satunya dengan menjadi Panitia Pengawas Pemilu Desa (Panwasdes). Rekrutmen Panwasdes berlangsung antara tanggal 19-24 Maret 2018. Sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, satu desa nantinya akan ada satu petugas Panwasdes. Dengan demikian petugas yang dibutuhkan ada 86 menyesuaikan dengan jumlah desa yang ada di Kabupaten Sleman.

Penyerahan berkas dapat dilakukan di 17 kantor sekretariat Panwascam yang ada di masing-masing kantor kecamatan. Semua berkas yang masuk akan dilakukan penelitian administrasi dan diumumkan tanggal 31 Maret 2018. Selanjutnya akan dilakukan seleksi wawancara pada 4 April 2018. Semua pendaftar yang lolos akan dilantik pada 7 April 2018.

"Keberadaan Panwasdes amanah menjadi ujung tombak pengawasan. Sekaligus penentu kualitas Pemilu di tingkat desa. Untuk itu berharap ada partisipasi masyarakat agar bisa mewujudkan Pemilu yang berintegritas," ujar Anggota Panwaslu Sleman Divisi SDM dan Organisasi Vici Herawati, Selasa (20/3).

Salah satu Panwascam yang sudah menerima penyerahan berkas Panwasdes ada di Kecamatan Depok. Setidaknya sudah ada empat pendaftar yang masuk. Tiga dari Desa Maguwoharjo dan satu dari Desa Condongcatur. Sedangkan untuk Desa Caturtunggal sementara belum ada pendaftar yang masuk. (Awh)

BERITA REKOMENDASI