‘Parenting’ SMP Al Azhar 26 Yogyakarta

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – SMP Islam Al Azhar (IA) 26 mengadakan kegiatan parenting secara virtual, Rabu (29/7/2020) bertema ‘Trik Jitu Mendampingi Anak Belajar dari Rumah saat Pandemi’. Parenting menghadirkan tiga narasumber, psikolog Pihasniwati SPsi MA Psikolog dan dua wali murid Slamet Trisila dan Yessi Maharani Abhimanasa.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP IA 26 Yogya, Asih Rusmilaeni SPd mengatakan, parenting ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2020 di SMP IA 26 Yogya. Sebelumnya telah diselenggarakan talkshow virtual untuk siswa bertajuk ‘Remaja Sehat dan Bugar di era New Normal’. Sedangkan agenda setelah parenting ini, lomba membuat puisi untuk siswa.

“Parenting ini penting agar orang tua bisa memberi pendampingan secara baik kepada anak saat belajar daring selama pandemi ini. Dengan begitu diharapkan kualitas belajar daring anak bisa optimal dan menguasai kompetensi yang ditentukan,” terang Asih kepada KRJOGJA.com di perpustakaan sekolah sebagai tempat berlangsungnya acara parenting offline.

Menurut Asih, parenting merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan sekolah sebagai ajang komunikasi dan kerja sama antara wali murid dan sekolah dalam mendidik anak. Kegiatan parenting kali ini disiarkan langsung melalui akun instagram dan channel youtube SMP IA 26 Yogya. Selain para orang tua murid yang bisa menyimak secara virtual dari rumah, parenting ini juga terbuka untuk umum.

Pihasniwati mengatakan, pembatasan sosial dan ruang interaksi selama pandemi memberikan dampak secara psikologis terhadap kesehatan mental anak dan remaja. Oleh karenanya pendampingan orang tua dalam berlajar anak sangat bermakna menambah kedekatan dan kelekatan orang tua dan anak. Selain itu anak merasa dicintai, berharga dan diperhatikan. “Anak juga merasa didukung orang tua,” katanya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI