Pasar Pakem Sering Kebanjiran, Ternyata Ini Penyebabnya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pedagang di Pasar Pakem Sleman mengeluhkan banjir setiap hujan deras mengguyur di wilayah setempat. Apalagi kondisi pasar yang lebih rendah di banding jalan, membuat air dengan mudah masuk ke lingkungan pasar.

Gorong-gorong dan Saluran Air Hujan (SAH) yang ada di sekitar pasar juga tidak mampu menampung air. “Ini pecah karena waktu itu ada mobil yang mundur,” ungkap Adi salah satu pedagang.

Hal ini mendapat perhatian dari Komisi C DPRD DIY dengan mengunjungi langsung ke lokasi, Selasa (3/3/2020). Sebelumnya dari Komisi C juga mendapatkan laporan dari Pemcam Pakem. Air yang masuk ke lingkungan pasar, menurut Camat Pakem Suyanto, sebelumnya masih dalam batas wajar. Namun begitu curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir, membuat banjir menjadi semakin parah.

Saat musim hujan ini, Komisi C DPRD DIY sendiri mendapatkan banyak laporan terkait kerusakan infrastruktur. Baik itu jalan maupun gorong-gorong. Laporan yang masuk di dominasi dari masyarakat maupun LSM. Namun kali ini dari Pemcam, sehingga dirasa sudah sangat mendesak untuk segera ditinjau langsung.

Saat mengunjungi lokasi, dari Komisi C DPRD DIY juga menyertakan dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY. Wakil Ketua Komisi C DPRD DIY Gimmy Rusdin meminta kepada DPUP-ESDM untuk segera melakukan perbaikan. Jika bisa segera diusulkan agar bisa masuk dalam APBD Perubahan. “Jangan sampai aktivitas masyarakat terganggu,” ujarnya.(Awh)

BERITA REKOMENDASI