Pascaletusan 9 November, Aktivitas Merapi Mereda

YOGYA, KRJOGJA.com – Setelah kejadian letusan pada 9 November kemarin, tidak ada guguran lava yang teramati di Gunung Merapi sepanjang Minggu (10/11) hingga pukul 18.00 WIB. Adapun dari data kegempaan yang terekam seismograf pada periode tersebut, terjadi gempa low frekuensi sebanyak 2 kali, gempa vulkanik dalam 7 kali, gempa tektonik jauh 1 kali dan gempa guguran 1 kali.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Dr Hanik Humaida mengatakan, tingkat aktivitas Gunung Merapi tetap di level II (Waspada). Saat ini potensi ancaman bahaya berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava. Selain itu ancaman jatuhan material vulkanik dari awan panas letusan (APL). ”Area dalam radius 3 km dari puncak Merapi agar tidak ada aktivitas manusia,” terang Hanik kepada KR, Minggu (10/11).

Hanik mengimbau agar masyarakat mengantisipasi bahaya abu vulkanik jika terjadi luncuran awan panas atau awan panas letusan. Selain itu mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di puncak Merapi. Untuk informasi resmi aktivitas Gunung Merapi, masyarakat dapat mengakses informasi melalui Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat, radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, website www.merapi.bgl.esdm.go.id, media sosial BPPTKG atau ke kantor BPPTKG, Jalan Cendana No 15 Yogyakarta, telepon
(0274) 514192. 

Sebagaimana diketahui Gunung Merapi mengeluarkan awan panas letusan, Sabtu (09/11/2019) sekitar pukul 06.21 WIB. Awan panas letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max 65 mm dan durasi sekira 160 detik. "Terpantau kolom letusan setinggi 1.500 m dari puncak condong ke Barat," tulis laporan BPPTKG melalui sosial media Twitter.

BPPTKG merekomendasikan untuk mengosongkan area bahaya di radius tiga kilometer dari puncak. Kendati terjadi aktivitas vulkanik namun BPPTKG masih mempertahan status Merapi di level II atau waspada. "Di luar radius tersebut, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa," papar BPPTKG. (Dev)

 

 

BERITA REKOMENDASI