Pasien Meninggal Dunia di Sardjito Negatif Corona

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ny R (74) pasien RSUP dr Sardjito yang diduga mengalami infeksi Virus Corona (Covid-19) meninggal dunia, Kamis (05/03/2020) siang kemarin. Namun begitu, pasien yang merupakan rujukan dari RS Jogja dipastikan negatif terinfeksi Virus Corona setelah adanya surat Litbangkes Kementrian Kesehatan RI yang diterima RSUP Dr Sardjito.

Plh Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, dr Rukmono Siswishanto mengungkap pasien R meninggal dunia pada Kamis kemarin pukul 11.30 WIB. Namun demikian, dipastikan pasien tersebut negatif Corona Virus.

“Sebelumnya RSUP Dr Sardjito melakukan pemeriksaan baik fisik maupun melalui rongten pada pasien dan mengindikasikan adanya radang paru mengarah pada infeksi bakteri. Hal ini didukung hasil lab Liitbangkes yang kami terima pada 5 Maret 2020 kemarin, bahwa pasien tersebut negatif baik Covid-19 maupun Mers-Cov,” ungkap Rukmono, Jumat (06/03/2020) siang.

Ketua Crisis Disease RSUP Dr Sardjito, dr Ika Trisnawati menambahkan pasien meninggal dunia tersebut sudah dibawa pulang pihak keluarga pagi hari tadi pukul 04.30 WIB menuju daerah asal di Bengkulu. Sebelum tes menyatakan negatif, jenazah pasien Ny R tersebut sempat diperlakukan seperti pasien infeksius menggunakan plastik.

“Namun setelah hasil tes keluar dan hasilnya negatif, kita kabari pihak keluarga agar pemakamannya bisa menyesuaikan. Kematiannya karena sudden cardio death atau kematian mendadak akibat proses jantung. Sangat mungkin beliau kurang kalium dan dari pemeriksaan EKG dulu pernah ada gangguan jantung,” sambung Ika.

Saat ini Sardjito masih merawat intensif di ruang isolasi satu pasien dengan dugaan COVID-19 yakni seorang mahasiswa asal Jepang. Hasil tes Litbangkes sendiri baru akan keluar 1-2 hari kedepan sehingga hingga saat ini belum ada pernyataan resmi terkait status penyakit pasien tersebut. (Fxh)

BERITA TERKAIT