Pecah Kepadatan, Kapanewon Cangkringan Perbaiki Jalur Ekonomi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Untuk memecah kepadatan jalur lalu lintas, Kapanewon Cangkringan melakukan perbaikan jalur ekonomi. Jalur ini melintas di tiga kalurahan yakni Kepuharjo, Wukirsari dan Argomulyo. Ditargetkan, bulan Desember jalur ekonomi sepanjang 4,9 kilometer ini sudah bisa dimanfaatkan.

Panewu Cangkringan Suparmono mengatakan, jalur ini sebenarnya pernah dipakai beberapa tahun lalu. Namun karena kondisi jalannya sangat jelek, jalur ini tidak digunakan lagi dan berpindah menggunakan akses jalan lain. “Nantinya setelah selesai diperbaiki, bisa digunakan untuk aktivitas penduduk dan truk tambang,” katanya kepada KRJOGJA.com, Kamis (22/10/2020) malam.

Menurut Suparmono, jika jalur ekonomi ini bisa dilalui bisa menghemat waktu di perjalanan. Pasalnya jalur ini dari dalam, menghubungkan langsung ke jalan nasional Cangkringan-Prambanan. Selain itu dengan adanya jalur ekonomi ini, akses jalan yang biasanya digunakan untuk kegiatan wisata, evakuasi dan jalur ekonomi masih tersambung. Sehingga dengan adanya akses jalan ini, sebagian kegiatan ekonomi bisa ditarik ke jalur tersebut. “Jika jalur ini selesai bisa menghemat waktu,” ujarnya.

Terkait pembiayaan, perbaikan jalur ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), patungan warga dan CSR dari aktivitas penambangan di wilayah Cangkringan. Meski aktivitas pariwisata belum normal seperti dulu, Kapanewon Cangkringan tetap mengupayakan wisatawan tidak terjebak macet jika akan berwisata.
“Kami ingin menciptakan wisata di Cangkringan ini wisata yang tidak pakai macet. Setelah diperbaiki, pasti pertumbuhan ekonomi juga lebih merata. Setelah dilalui, pasti ada warung atau yang lain jadi ada pertumbuhan ekonomi,” tutup Suparmono.(Aha)

BERITA REKOMENDASI