Pedagang Rentan Stres, Mahasiswa Kampus Ini Pilih KKN Dipasar

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk mengurangi tingkat stres di kalangan pedagang pasar tradisional, Kelompok KKN 34 dan 35 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan sosialisasi manajemen stres bagi para pedagang dan pengurus pasar di pasar tradisional Pakem. Kegiatan sosialisasi tersebut disambut antusias dan dihadiri puluhan peserta dari kalangan pedagang serta pengurus pasar.

“Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan informasi terkait faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya stres. Mengingat stres sendiri dibedakan menjadi beberapa golongan yaitu stres pada anak-anak, remaja, hingga dewasa. Setiap golongan memiliki pola tersendiri dalam mengatasi serta memanajemen stres,” kata dosen pembimbing lapangan kelompok KKN 34 dan 35 Kristina Andryani dalam keterangan pers kepada KR, Rabu (26/2).

Dosen Psikologi UMBY Jelang Hardika menyatakan, beberapa informasi serta teknik seperti refleksi serta kiat-kiat dalam manajemen stres yang dapat dilakukan di mana dan kapan saja ketika menghadapi tekanan. Bahkan supaya hasil optimal peserta juga diajak untuk mempraktikkan beberapa cara untuk mengurangi stres.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian program kerja yang telah dilakukan oleh kelompok KKN 34 dan 35 UMBY di Pasar Pakem. Sebelumnya kedua kelompok KKN UMBY menghadirkan pemeriksaan gratis yang dihadiri puluhan peserta dari pedagang dan pengurus pasar serta melakukan kerja bakti,” ungkapnya.

Sementara itu ketua kelompok KKN 35 UMBY Ardhiyan Aksa menjelaskan, kelompok KKN 34 dan 35 memiliki fokus pada bidang kesehatan, pendidikan serta informasi dan komunikasi. Semua itu dilakukan dengan tujuan terciptanya kesehatan fisik serta psikis masyarakat pasar yang menunjang peningkatan sumber daya pasar tradisional. (Ria)

BERITA TERKAIT