Pelaksanaan SIM Online Secara Bertahap

Editor: Ivan Aditya

APLIKASI Digital Korlantas Polri dimana di dalamnya termatub fitur layanan SIM Nasional Presesi (SINAR) hingga saat ini masih dalam taraf penyempurnaan. Langkah ini semata-mata bertujuan untuk semakin mempermudah masyarakat dalam urusan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM). SIM Online diluncurkan secara resmi oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi pada Selasa, 13 April 2021 Tujuan utama diresmikannya SIM Online tidak lain untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam urusan perpanjangan SIM, terutama SIM C dan SIM A.

Meski telah diluncurkan secara resmi oleh Kapolri, namun demikian belum seluruh daerah di Indonesia bisa melakukan pelayanan perpanjangan SIM C dan SIM A secara online. Baru ada empat Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di Indonesia yang bisa memberikan pelayanan SIM Online. Keempat Satpas tersebut masing-masing Satpas Daan Mogot (Polda Metro Jaya), Satpas Depok (Polda Metro Jaya), Satpas Jombang (Polda Jatim), dan Satpas Denpasar (Polda Bali). Sedangkan daerah-daerah lain, termasuk Polda DIY baru pada tahap persiapan, baik peralatan maupun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk nantinya siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, apabila sudah mendapat ‘lampu hijau’ dari Korlantas Polri.

Terkait SIM Online, saat ini jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY yang dikomandoi Direktur Lalu lantas (Dirlantas) Kombes Pol Iwan Saktiadi SIK MH MSi, sedang mempersiapkan seluruh piranti SIM Online beserta SDM-nya untuk nantinya bisa segera memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam urusan perpanjangan SIM C dan SIM A melalui sistem SIM Online.

Selain itu, para Kasat Lantas se-jajaran Polda DIY juga melakukan hal yang sama, dengan harapan agar bisa memenuhi harapan masyarakat. Para Kasat Lantas, mulai dari Kompol Candra Lulus Widiantoro SIK (Kasat Lantas Polresta Yogyakarta), AKP Amin Ruwito SE SIK (Kasat Lantas Polres Bantul), AKP A Purwanta SH MH (Kasat Lantas Polres Kulonprogo), AKP Anang Tri Nuvian SH MIP (Kasat Lantas Polres Sleman) dan AKP Martinus Griavinto Sakti (Kasat Lantas Polres Gunungkidul) menyatakan kesiapannya menindaklanjuti program SIM Online yang telah dicanangkan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi.

Kasie SIM Subregident Ditlantas Polda DIY AKP Edy Sutrisno SH MH didampingi Iptu Jarwanto, Kamis (22/04/2921) menyampaikan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) sekarang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Edy Sutrisno menyampaikan aplikasi Digital Korlantas Polri adalah aplikasi perpanjangan SIM C dan SIM A secara online atau disebut SIM Nasional Presisi (SINAR). Perpanjngan SIM secara online dilakukan bertahap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Karena itu, layanan SIM secara manual atau SIM keliling masih tetap diberlakukan, sembari menunggu penyempurnaan SIM online.

Edy Sutrisno menyampaikan, terkait perpanjangan SIM C dan SIM A melalui SIM Online melalui Digital Korlantas Polri. Diawali dengan mengunduh aplikasi SIM Online Digital Korlantas Polri di Play Store Android maupun Apple. Setelah itu, melakukan verifikasi identitas dengan memasukkan nomor handphone dan alamat email, untuk nantinya mendapatkan kode One Time Password (OTP).

Setelah mendapatkan OTP, pihak yang akan memperpanjang SIM C dan SIM A wajib memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) beserta nama lengkap sesuai yang tertera di KTP. Penggunaan KTP untuk urusan perpanjangan SIM C da SIM A melalui SIM Online hanya bisa dilakukan dengan e-KTP. Setelah tahapan memasukkan NIK, pengguna akan diotentifikasi melalui teknologi pembacaan biometrik wajah atau Liveness Fase Recognition (LFR).

Setelah tahapan itu dilakukan, pengguna harus membuka aplikasi Digital Korlantas Polri dan memilih icon SINAR atau SIM. Pemohon akan diarahkan untuk memilih SIM apa yang akan diperpanjang, karenanya pemohon harus mengunduh file seperti foto Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), foto SIM, foto tanda tangan, dan pas foto. Mengenai pemeriksaan kesehatan dan tes psikologi, pemohon bisa melakukan lewat online. Pemohon cukup memilih link E-RIKKES pada layanan SINAR, tes psikologi, pemohon cukup memilih link E-PPSI pada layanan SINAR. Dalam tes kesehatan dan psikologi, pemohon harus menjawab pertanyaan-pertanyaan agar bisa memenuhi syarat. Seleruh soal sudah terakreditasi oleh SSDM Polri.

Layanan pembayaran pembuatan dan perpanjangan SIM C dan SIM A ini menggunakan sistem cashless. Proses pengambilan SIM Digital juga menggunakan layanan antar menggunakan PT Pos Indonesia. Dalam hal ini Korlantas menggandeng BNI dalam kemudahan pelayanan pembayaran PNPB SIM secara online melalui Virtual Account (VA) dan PT Pos Indonesia untuk layanan pengiriman SIM hingga ke tempat tinggal pemohon.

Kondisi Riil di Daerah

Sejak dilaunchingnya SIM Nasional Presisi (SINAR) yang kemudian akrab dengan istilah SIM Online oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi pada Selasa (13/04/2021) lalu, Satlantas Polres Bantul telah mempersiapkan tempat dan semua sarana untuk pelayanan SIM Online.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi S SIK MH didampingi Kasat Lantas AKP Amin Ruwito SE SIK, di ruang kerjanya Selasa (20/04/2021) mengemukakan, sejak dilaunchingnya SIM Online, Satlantas Polres Bantul langsung mempersiapkan ruang dan sarananya, utamanya SDM dan komputer. “Semua sarana sudah kami persiapkan secara matang,” jelas Wachyu Tri Budi.

Menurut Wachyu Tri Budi, dalam masa pandemi Covid-19, pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru dalam meningkatkan pelayanan publik di bidang penerbitan SIM melakukan inovasi pelayanan yang memudahkan dan mengutamakan keselamatan masyarakat. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 , tetapi masyarakat tetap bisa produktif. Karena itu, sangat tepat jika dalam masa pandemi Covid-19 diupayakan peningkatan pelayanan dengan melakukan inovasi pelayanan yang memudahkan dan mengutamakan keselamatan masyarakat.

Sedangkan tujuan SINAR untuk memberikan layanan kepada masyarakat pemohon perpanjangan SIM bisa mendapatkan layanan yang lebih mudah, cepat, efesien dan ke depan inovasi ini bisa dikembangkan untuk proses pembuatan SIM baru. Untuk kelancaran pelayanan SIM Online, Kapolres Bantul minta kepada petugas agar memberikan layanan prima kepada masyarakat, melaksanakan penerbitan SIM sesuai SOP yang telah ditentukan dan berpedoman protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Tidak jauh berbeda dengan kondisi di wilayah Bantul, hal sama juga dilakukan jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta. Kasat Lantas Polresta Yogyakarta Kompol Candra Lulus Widiantoro SIK melalui Ipda Annisa Hemas Tiara STrK MSc menyampaikan pada prinsipnya jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta siapa melaksanakan program nasional tersebut. Namun demikian, saat ini implementasinya di lapangan belum bisa dilakukan karena sejumlah faktor. Salah satu di antaranya, belum terkoneksinya secara maksimal relasi antarlini.

Meski demikian, masyarakat yang berniat melakukan perpanjangan SIM C dan SIM A bisa melalui keempat Satpas yang sudah bisa melayani SIM Online, yakni Satpas Daan Mogot dan Satpas Depok (Polda Metro Jaya), Satpas Denpasar (Polda Bali) dan Satpas Jombang (Polda Jatim).

Annisa Hemas Tiara menyampaikan bahwa aplikasi SIM Nasional Presesi (SINAR)/SIM Online Korlantas Mabes Polri sampai saat ini belum dapat digunakan di wilayah DIY. Bagi masyarakat yang telah login dan melaksanakan E-RIKKES serta R-Psikologi dimohon untuk melanjutkan ke menu pilihan Satpas dan memilih salah satu Satpas yang sudah bisa melayani SIM Online, yakni Satpas Daan Mogot dan Satpas Depok (Polda Metro Jaya), Satpas Jombang (Polda Jatim) dan Satpas Denpasat (Polda Bali).

Mengenai kapan daerah-daerah bisa melayani SIM Online, Annisa Hemas Tiara mengemukakan diupayakan secepatnya sambil menunggu ‘kick off’ dari Korlantas Polri. Tetapi secara prinsip, jajaran Satlantas Polresta Yogya sudah siap memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait SIM Online. Semua sarana dan prasarana sudah ready, termasuk SDM yang nantinya khusus melayani permohonan perpanjangan SIM C dan SIM A dengan program SIM Online. “Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta siap untuk segera mengoperasikan pelayanan SIM Online,” tandas Annisa Hemas Tiara.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kulonprogo AKP A Purwanta SH MH menambahkan seperti daerah-daerah lain pihaknya juga sedang melakukan persiapan agar nantinya langsung bisa ‘in’ ketika jajaran Polda DIY sudah bisa memberikan pelayanan SIM Online. Selain menyiapkan seluruh perangkat pendukung, pihaknya juga memberikan telah mengkader personel yang nantinya bertugas melayani pemohon perpanjangan SIM C dan SIM A melalui program SIM Online. “Karena menyangkut pelayanan prima pada masyarakat, saat ini kami terus berkoordinasi dengan Ditlantas Polda DIY,” ujar AKP A Purwanta. (Haryadi/Judiman)

BERITA REKOMENDASI