Peletakan Batu Pertama Proyek Ibukota Baru Dimulai 2020

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono menjadi sosok penting dibalik pembangunan infrastruktur masif di berbagai wilayah Indonesia lima tahun terakhir. Ia juga menjadi salah satu otak pembangunan ibukota baru di Kalimantan Timur yang akan dimulai 2020 mendatang.

Namun disela pekerjaan yang cukup banyak, adanya perubahan kabinet mentri masa jabatan kedua Presiden Joko Widodo tak dipungkiri menjadi pertanyaan masyarakat. Apakah Basuki akan diganti, atau tetap memegang peran penting sebagai Mentri PUPR untuk memastikan proyek pembangunan infrastruktur di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara  berjalan dalam lajurnya.

Kepada wartawan usai menjadi pembicara kunci di hadapan mahasiswa pascasarjana Fakultas Teknik UGM Selasa (27/08/2019), Basuki mengungkap siapapun menterinya proyek ibukota baru akan tetap berjalan sesuai arahan presiden. “Siapapun mentrinya proyek lanjut terus, ini perintah presiden,” ungkapnya singkat.

Ketika ditanya apakah siap menjabat sebagai mentri PUPR di periode kedua, Basuki tak menjawab dengan gamblang. Lulusan UGM tersebut hanya tertawa dan enggan berkomentar banyak. “Tidaklah, itu nanti,” kata Basuki.

Sebelumnya Basuki mengatakan peletakan batu pertama proyek ibukota baru akan dimulai pada tahun 2020 mendatang. Proyek pertama yang akan dikerjakan yakni pembangunan infrastruktur meliputi jalan penghubung daerah tersebut.

“Pertama akan dibangun jalan dulu, karena tanpa akses kan tidak bisa masuk. Peletakan batu pertama tahun 2020 nanti untuk proyek jalan itu,” tandas Basuki. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI