Peletakan Batu Pertama Renovasi Masjid Al Amiin Santren

SEMANGAT membangun atau merenovasi masjid diawali dengan modal jauh dari yang dianggarkan banyak terjadi di masyarakat. Dalam waktu tak lama, akhirnya bisa selesai  karena disangga bareng-bareng atau ditanggung bersama-sama.

Hal ini ditegaskan Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi saat sambutan Pengajian Akbar dan Doa Peletakan Batu Pertama Renovasi Masjid Al Amiin Jalan Afandi, Santren Caturtunggal Depok Sleman, Minggu (12/1). Usai sambutan dilanjutkan prosesi peletakan batu pertama oleh Bupati Sleman, disusul Camat Depok, ketua takmir Masjid Al Amiin Santren serta sejumlah tokoh masyarakat.

“Kita dari Pemkab Sleman siap membantu pula, tapi panitia membuat proposal atau surat resmi dahulu. Semoga dalam waktu sebelum satu tahun, renovasi Masjid Al Amiin ini bisa selesai,” ungkap Sri Purnomo.

Ditambahkan Bupati Sleman, semangat masyarakat dalam membangun ataupun berpartisipasi dalam pembangunan masjid, salah satunya berdasar Hadis Riwayat (HR) Muttafaqalaih dengan arti sebagai berikut, "Barang siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangunkan baginya rumah di surga."

Sabda dari Nabi Muhammad SAW ini diharapkan bisa menjadi penyemangat, bagi siapa saja untuk berlomba-lomba membantu pembangunan masjid dengan ikhlas.

Ketua Takmir Al Amiin, Prof Dr dr H Hardiyanto Subono SPKK menjelaskan, renovasi masjid tersebut ditargetkan bisa selesai dalam waktu tak lebih satu tahun. Anggarannya sekitar 1 Milyar, namun saat ini baru terkumpul dana kisaran Rp 300 juta. Adapun pembangunan Masjid Al Amiin sebenarnya sudah sejak 1970-an, lalu pada 2000- an ada renovasi hanya membetulkan atap, karena sering ada yang bocor saat musim penghujan.

“Renovasi saat ini, bangunan dibongkar total dan akan dibangun menjadi lantai dua, sebab setiap Salat Jumat dan Bulan Ramadan sudah tak mampu menampung jemaah. Sementara ini untuk kegiatan ibadah bertempat di gedung Taman Pendidikan Alquran – TPA Al Amiin dahulu,” terangnya.

Ketua Panitia Renovasi Masjid Al Amiin Santren, Drs Jono Atmojo menambahkan, pembangunan masjid menempati lahan 117 meterpersegi. Selain itu juga akan dibangun tempat wudhu, kamar mandi serta toilet yang terpisah oleh jalan gang dan akan dihubungkan dengan tangga di atas jalan. Sebagai perencana bangunan, yakni Ir H Hennry Poerwanto B MM MKOM. Masyarakat luas jika ingin memberikan bantuan dana, antara lain bisa ditransfer BRI Syariah No Rekening 1022304433 atas nama Pudji Prasetyo.“Pengajian akbar kali ini disampaikan Ustaz Tugiyo Abdullah dari Condongcatur Sleman,” tambah Jono.(Yan)
 

BERITA REKOMENDASI