Pemandu Lagu Disekap dan Dirampok

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelaku kejahatan yang pernah ramai diperbincangkan karena merampok model seksi Anggita Sari dan Febi Rupita berhasil ditangkap petugas reskrim Polsek Mlati. Jimmi Muliku alias John Weku (37) beraksi di wilayah Mlati dengan modus yang sama, ia mengajak kencan calon korban dan menggasak harta bendanya.

Kapolsek Mlati Kompol Yugi Bayu mengatakan, John beraksi di wilayah Mlati pada akhir November lalu. Awalnya ia datang ke sebuah tempat karaoke dan berkenalan dengan seorang pemandu lagu, JS alias D (22).

Dengan bujuk rayu tersangka, JS bersedia diajak jalan-jalan dan menginap di sebuah hotel di kawasan Mlati. Kemudian tersangka meminta korban JS mencarikan teman perempuan yang bisa menemani kenalan barunya itu. Korban JS kemudian menghubungi temannya IM (24) dari Jakarta.

“Tersangka John minta dicarikan perempuan lagi untuk menemani temannya yang seorang pejabat. Korban tak curiga dan menghubungi IM termasuk membelikan tiket pesawat untuk IM,” ungkap Kompol Yugi Bayu di Mapolsek Mlati, Jumat (28/12/2018).

Kapolsek menerangkan, pada Senin (26/12/2018) beberapa hari lalu korban IM tiba di Yogya dan langsung diajak ke hotel. Setelah ketiganya bermalam di hotel, tersangka John menyuruh korban JS pulang karena ada temannya yang mau kencan dengan IM.

Setelah JS meninggalkan kamar, John langsung mengancam korban IM menggunakan korek api pistol dan mengikatnya dengan tali rafia. Selain itu tangan korban IM juga diborgol. Tersangka menggasak handphone, perhisan dan ATM korban serta PINnya.

“Korban disekap dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Total kerugian yang diderita tersangka IM sebesar Rp 75 juta, termasuk uang Rp 10 juta yang ada di ATM sudah dikuras habis,” tandas Kapolsek.

Kanit Reskrim Polsek Mlati Iptu Made Wira Suhendra menambahkan, setelah berhasil membebaskan diri, korban IM lansung membuat laporan ke polisi. Petugas kemudian bergerak cepat dengan melakukan penyisiran di wilayah Jakarta hingga Bandung. Akhirnya John berhasil ditangkap di sebuah tempat karaoke di wilayah Sleman.

John akan dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Polisi juga berhasil menyita borgol, pistol mainan, tali rafia dan barang-barang milik korban yang diambil tersangka. (R-2)

BERITA REKOMENDASI