Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Kesehatan Jantung

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Perhimpunan Dokter Spesialis Kadiovaskular Indonesia (Perki) Cabang Yogyakarta mengadakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Hari Jantung Sedunia (World Heart Day) tahun 2021 yang diperingati setiap 29 September. Ini diadakan untuk lebih mendekatkan anggota Perki kepada masyarakat sekaligus mengkampanyekan pencegahan penyakit jantung.

Ketua Perki Cabang Yogyakarta, dr Irsad Andi Arso MSc SpPD SpJP(K) mengatakan, tema besar yang diangkat pada Hari Jantung Sedunia 2021 adalah ‘Use Heart To Connect’. Menurutnya, kemajuan teknologi digital yang sangat pesat bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran, pencegahan dan pengelolaan PKV secara global. Misalnya alat digital untuk mengukur faktor risiko, layanan konsultasi kesehatan jarak jauh (telehealth) dan lainnya.

“Pemanfaatan teknologi digital untuk kesehatan jantung adalah tujuan kita pada Hari Jantung Sedunia 2021,” kata Irsad kepada wartawan saat jumpa pers di Ruang Pertamuan, Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr Sardjito, Selasa (28/9/2021).

Ketua World Heart Day, Perki Cabang Yogyakarta, dr Bagus Andi Pramono SpJP menambahkan, rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Perki Cabang Yogya antara lain Webinar pada 3 Oktober 2021 yang akan mengulas soal bahaya Covid-19 bagi penderita penyakit jantung serta vaksinasi untuk pasien penyakit jantung. Selain itu diadakan health talk, IG live tentang Hari Jantung Sedunia dan pemilihan duta edukasi jantung dan pembuluh darah Yogyakarta.

Sedangkan Ketua Jogja Cardiology Update 2021, dr Dyah Wulan Anggraheni PhD SpJP(K) mengatakan, Perki Cabang Yogyakarta juga akan menyelenggarakan sebuah acara ilmiah tahunan ‘Jogja Cardiology Update 2021’ pada 9-12 Desember 2021. Acara ini membahas kemajuan-kemajian di bidang ilmu penyakit jantung. Ada 9 workshop dan 15 simposium yang mengangkat berbagai tema seperti penyakit jantung koroner, sindroma koroner akut, hipertensi, perawatan kritis penyakit jantung dan lainnya. (Dev)

 

 

BERITA REKOMENDASI