Pematung Yogya Suarakan Keberagaman

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Salah satu sudut di lantai dasar Galeria Mall tampak berbeda dari biasanya sejak akhir Juni 2017 lalu. Sebanyak 22 karya seni instalasi dari komunitas seniman patung Yogyakarta terpasang megah menarik mata pengunjung mall yang berada di simpang empat Jalan Urip Sumoharjo ini.

Ternyata patung-patung tersebut hasil karya seniman untuk pameran bertajuk Fight for Diversity yang bakal berlangsung hingga 14 Juli 2017 nanti. Apriana, Promotion Departemen Galeria Mall kepada wartawan Sabtu (1/7/2017) mengungkap pameran tersebut merupakan salah satu rangkaian acara menuju tema baru Galeria Mall. Menurut dia, mall tersebut ingin mendukung kiprah seniman yang dinilai memiliki proses hampir mirip dengan apa yang dilakukan Galeria.

"Tema besar kita memang Twenty to Twenty di mana itu adalah sebuah proses the next Galeria Mall dari tahun 2015 hingga nanti 2020. Kami pilih apresiasi seniman karena merasa perjuangan yang sama di mana proses didasari semangat dan tindakan nyata," ungkapnya.

Sementara Joko Apridianto, Ketua Asosiasi Pematung Indonesia chapter Yogyakarta mengungkap tema Fight for Diversity dipilih bukan tanpa alasan kuat. Tema tersebut menurut dia merupakan pengejawantahan filosofi seni yang lahir untuk memperjuangkan keberagaman.

"Beberapa kalangan masyarakat lupa bahwa kehidupan adalah tentang keberagaman, kita akan selalu menemui itu di kala hidup. Bila mahzab pemikiran para fundamentalis membuat kita takut menjadi berbeda, maka seni mengajak kita takut menjadi sama," paparnya.

Pameran di Galeria Mall sendiri diikuti 22 seniman yang memamerkan karya orisinilnya masing-masing. Pengunjung pun diperkenankan ikut menikmati karya tersebut hingga 14 Juli mendatang. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI