Pembangunan Tetap Berlanjut, Bendungan Bener Banyak Berikan Manfaat

Padahal menurutnya, konsep pemanfaatan Wadas, sangat berpihak pada kepentingan rakyat setempat. Ia memaparkan, Wadas akan digali material batunya untuk pembangunan Bendungan Bener melalui proses pengadaan tanah terlebih dahulu. Proses tersebut, hanya mengambil untuk kebutuhan lebih kurang 8,5 juta M3 dalam kurun waktu 3-4 tahun.

“Setelahnya dilakukan reklamasi atau penimbunan kembali sehingga kabar yang beredar bahwa material di Wadas akan dihabiskan dan mengakibatkan kerusakan lingkungan permanen, adalah bohong,” tegasnya.

Konsep tersebut, menurut Dwi, mendatangkan keuntungan yang besar bagi masyarakat setempat. Pertimbangannya, masyarakat mendapatkan ganti rugi dengan nilai melebihi pasaran. Mendatangkan lapangan pencaharian baru pada proses pengambilan material. Bahkan setelah selesai reklamasi, dapat dimanfaatkan kembali untuk budidaya tanaman perkebunan dan wisata.

“Kabar mengenai dampak penambangan masyarakat kehilangan pekerjaan, meninggalkan lubang besar yang berdampak kerusakan lingkungan, itu tidak benar,” pungkasnya. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI