Pembebasan Lahan Pembangunan Jembatan Dilaksanakan Tahun Ini

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pelebaran jalan dan pembangunan jembatan Candi Gebang Wedomartani Ngemplak akan dilaksanakan tahun ini. Namun pelaksanaannya masih menunggu Izin Penetapan Lokasi (IPL) dari Gubernur DIY.

Kabid Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sleman Widodo AP MT menjelaskan, jembatan Candi Gebang ini akan menghubungkan Desa Wedomartani dan Desa Maguwoharjo di mana saat ini hanya jalan dusun dan buntu.

“Rencananya nanti akan dibuat jembatan sehingga dari barat mau ke Stadion Maguwoharjo bisa lewat disitu. Kemudian jalannya akan diperlebar,” jelasnya.

Dikatakan, jalan tersebut akan diperlebar menjadi 11 meter. Untuk jalan yang dibebaskan dipergunakan pelebaran dan pembangunan jembatan sekitar 660 meter persegi. Sedangkan panjangnya sekitar 800 meter persegi.

“Untuk pembebasan lahan akan menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Sleman. Sedangkan pelaksanaan fisik, termasuk pembangunan jembatan dari Pemda DIY,” terangnya.

Pembebasan lahan ini rencananya dilaksanakan tahun ini. Sekarang ini Pemkab Sleman masih menunggu IPL dari Gubernur DIY yang akan digunakan untuk pembebasan lahan tersebut.

“Dalam IPL yang ditetapkan Gubernur itu akan menyebutkan lahan yang akan dibebaskan. Atas dasar itu, kami baru bisa melaksanakan pembebasan lahan. Setelah pembebasan lahan selesai, baru pelaksanaan fisiknya,” ucapnya.

Menurut Widodo, pembangunan pelebaran jalan dan jembatan ini bertujuan untuk memecah kepadatan arus lalu lintas di utara Stadion Maguwoharjo. Jalur yang ada saat ini dinilai cukup krodit.

“Makanya pemerintah daerah membuat jalur baru untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas. Soalnya di daerah Maguwoharjo dan Wedomartani sudah padat dan aktivitas masyarakat cukup tinggi,” tuturnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI