Pembobolan ATM Marak Lagi, Catat! Ini Tips Aman Bertransaksi di ATM

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Petugas Polres Sleman berhasil meringkus Komplotan pencuri spesialis ATM usai beraksi di wilayah Jalan Magelang, Mlati, Sleman, Kamis (27/2) petang. Diketahui komplotan dari luar Jawa sudah berhasil membobol 10 boks ATM dalam sehari.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rudy Prabowo kepada wartawan, Jumat (28/2) mengatakan, polisi meringkus lima anggota komplotan ini. Kelima pelaku yakni BM (35), SM (30), MS (30) dan DS (28) semuanya warga Lampung serta AS (22) warga Magelang.

“Tidak semuanya aksinya membuahkan hasil, karena ATM ada juga yang offline. Mereka berada di Yogya baru dua hari, sebelumnya mereka berada di Bekasi,” kata AKP Rudy sambil menambahkan para pelaku punya peran masing-masing, ada yang mengeksekusi, mengawasi situasi dari dalam mobil dan sebagai driver.

“Kami mengamankan barang bukti mobil Avanza, uang Rp 10 juta hasil kejahatan, dua buah plat besi yang sudah dimodifikasi dan satu buah tang,” ujar Rudy seperti dikutip dari Harianmerapi.com.

Berikut beberapa tips mudah aman bertransaksi di ATM dari modus pembobolan ATM yaitu dengan cara:

1. Pastikan PIN tidak diketahui orang lain dengan cara diantaranya dengan cara mengganti PIN secara periodik hingga menutup tangan saat memasukkan PIN. PIN adalah rahasia, jangan pernah diberikan pada orang lain.

2. Saat bertransaksi pastikan lokasi ATM aman dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan jangan menggunakan ATM tersebut dan segera melapor kepada pihak bank atau pihak berwajib.

3. Setelah bertransaksi, tekan tombol secara acak agar pihak lain tidak dapat mendeteksi nomor PIN atau angka-angka pada saat bertransaksi sebelumnya.

6. Blokir kartu ATM saat merasa ada kejanggalan transaksi.

7. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM.

BERITA TERKAIT