Pembuang Sampah Sembarangan Bakal Ditindak Tegas

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pembuangan sampah sembarangan atau ilegal di sekitar Selokan Mataram masih sering terjadi. Dinas terkait diminta untuk melakukan penindakan terhadap pelaku pembuangan sampah secara sembarangan karena dapat mencemari lingkungan.

Anggota DPRD Kabupaten Sleman Suryana AMDKes mengatakan, di beberapa titik sepanjang Selokan Mataram itu masih ada tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh orang tak bertanggung jawab. Sebenarnya lokasi itu sudah dipasang larangan membuang sampah, namun tetap membandel.

“Biasanya pelaku membuang sampah itu pagi hari atau malam hari untuk menghindari orang yang lihat. Sampah itu dibuang di pinggir sungai. Padahal di situ sudah jelas dipasang papan larangan. Tentunya pembuangan sampah sembarangan ini mencemari lingkungan,” kata Suryana di kantornya.

Di sepanjang Selokan Mataram itu juga sudah ada relawan peduli sungai. Bahkan pernah menangkap pelaku pembuangan sampah secara sembarangan. Namun relawan itu tidak dapat menindak pelaku tersebut. Untuk itu, pihaknya meminta kepada instansi terkait menindak tegas pelaku pembuangan sampah secara ilegal.

“Kami minta instansi terkait meningkatkan razia terhadap pelaku pembuangan sampah ilegal. Kemudian diberikan sanksi yang tegas untuk memberikan efek jera kepada pelaku,” pintanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman Ir Dwi Anta Sudibya MT mengaku telah bekerjasama dengan Babinsa maupun linmas desa untuk melakukan patroli pembuangan sampah sembarangan. Pernah menangkap pelaku dan disidangkan di Pengadilan Negeri Sleman. (Sni)

BERITA REKOMENDASI