Pembuatan Minyak Kelapa Murni Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

MINYAK kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) dapat dikonsumsi langsung untuk mendukung kesehatan. Selain itu, bisa diolah menjadi beberapa produk turunan seperti sabun mandi, minyak telon, pasta gigi dan body lotion.

Ketika menerjuni usaha pembuat VCO bahkan bisa mempunyai hasil samping lain yang bisa dijual, misalnya bathok kelapa dan ampas. Tak ketinggalan bisa menghasilkan minyak goreng (krenceng) yang dibuat dari blondo setelah proses fermentasi VCO selesai.Bahkan jika menerjuni usaha ini akan membantu mengurangi pengangguran.

Wajar jika pembuat VCO Ryan Hartopo yang bekerjasama dengan rekannya, Indra di kawasan Berjo Sleman mantap menerjuni usaha ini. Sekarang ini sudah merekrut lima tenaga kerja, terutama dari warga sekitar yang masih menganggur ataupun belum memiliki pekerjaan pokok.

“Kami menargetkan dalam sepekan bisa menghasilkan 2.000 liter VCO. Sementara ini pemasaran lebih banyak ke produsen VCO yang sudah lebih lama berdiri dan telah mampu membuat beberapa produk turunan dari VCO,” jelas Ryan, baru-baru ini.

Dia menjelaskan jika sudah mampu memproduksi VCO lebih banyak serta membuat sendiri aneka produk turunan dari VCO diharapkan dapat lebih banyak lagi merekrut tenaga kerja. 

"Bahan baku kelapa banyak diperoleh dari Kokap serta Brosot Kulonprogo. Saat ini harganya antara Rp 2.000 sampai Rp 2.500 per butir. Setiap 1.000 butir kelapa rata-rata menghasilkan 90 sampai 100 liter VCO. Harga VCO antara Rp 30.000 sampai Rp 40.000 perliter, antara lain dipengaruhi tingkat kejernihan dan bau/aroma dari VCO."(Yan)

 

VCO

BERITA REKOMENDASI