Pemerintah Fokus Pembangunan Ekosistem Riset dan Inovasi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan sasaran ‘Pokok Pembangunan IPTEK Indonesia 2020-2024’. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Bambang pada saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) 2020.

“Kemenristek/BRIN telah merumuskan langkah-langkah yang harus ditetapkan selama setahun kedepan. Kami juga telah merumuskan kerangka program pembangunan iptek untuk peningkatan kapasitas iptek dan penciptaan inovasi,” jelas Menteri Bambang.

Menteri Bambang menyampaikan, pembangunan ekosistem riset dan inovasi menjadi fokus Kemenristek/BRIN pada tahun 2021. Hal ini sebagai upaya Pemerintah untuk mengubah paradigma dari ekonomi yang berbasis Sumber Daya Alam (SDA) menjadi ekonomi berbasis inovasi, sebagai salah satu jalan bagi Indonesia untuk mencapai visi Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045. Menteri Bambang menyampaikan, pada rapat kerja ini terdapat empat topik utama yang dibahas untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi nasional. Yaitu :

BERITA REKOMENDASI