Pemkab Sleman Dropping Air Warga Terdampak Banjir Lahar Dingin

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sejumlah warga dusun yang berada di seputar lereng Gunung Merapi mulai mendapatkan droping air bersih dari Pemkab Sleman. Droping air bersih dilakukan menyusul pipa jaringan air bersih yang berada di aliran kali Boyong dan Kali kuning putus, pada Rabu (01/12/2021) karena diterjang banjir lahar dingin.

Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo menuturkan, pemerintah telah mengirimkan bantuan air bersih untuk masyarakat terdampak banjir lahar dingin. “Sudah dilakukan droping (air bersih) disana sejak kamis. Langsung kita respon karena memang jalur pipa air disana putus,” ucap Kustini saat dikonfirmasi, Jum’at (3/12).

Dikatakan Kustini, droping air sudah diturunkan satu tangki air di dusun Ngipiksari, Desa Hargobinangun. Sementara delapan dusun di desa Glagaharjo disediakan tiga tangki dan enam tandon. “Koordinasi sudah dilakukan dari aparat terkait, jika nanti air kirimannya habis akan langsung disuplai lagi,” terang Kustini.

Dilanjutkan Kustini, Pemkab Sleman juga mempercepat upaya perbaikan jaringan pipa air di aliran Kali Boyong dan Kali Kuning. Perbaikan tersebut menjadi pioritas mengingat aliran tersebut menjadi pasokan air utama masyarakat sekitar. “Sedang kita kebut untuk segera perbaikan. Anggaran sudah ada dan tinggal pengerjaan,” tambah Kustini. (*)

BERITA REKOMENDASI