Pemkab Sleman Peringkat Kedua STBM Award

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Sleman berhasil memperoleh peringkat 2 STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Award dari Kementerian Kesehatan RI. Penganugerahan penghargaan ini dilakukan secara virtual, bertempat di Smart Room Dinas Kominfo Kabupaten Sleman, Jumat (13/11).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo, menjelaskan penghargaan yang berhasil diraih yaitu pada kategori Supply Creation, atau penyediaan sarana/prasarana sanitasi. Lalu menurutnya dari 68 kalurahan yang ada di Kabupaten Sleman, 63 kalurahan atau 70% sudah menerapkan STBM dengan baik. “Atas beberapa pertimbangan itu, kita akhirnya dapat penghargaan itu”, ucapnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan STBM ini memiliki 5 pilar, yakni dilarang buang sampah sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengamanan makanan dan minuman rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, pengamanan limbah cair rumah tangga. Dalam penganugerahan ini, juara pertama berhasil diraih oleh Kota Malang, sedangkan juara ketiga diraih Kabupaten Sukoharjo.

Selain itu pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada Kepala Kalurahan Beran Kidul, Kabul Muji Basuki, atas upayanya mengubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM. Penghargaan juga diberikan kepada Surahman, sebagai Natural Leader STBM. Penghargaan tersebut diberikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo. (*)

 

BERITA REKOMENDASI