Penambangan Liar di Kali Krasak Marak

TEMPEL, KRJOGJA.com – Tebing setinggi 15 meter dengan lebar 600 meter sepanjang Kali Krasak tepatnya di Dusun Kopen Desa LumbungrejoKecamatan Tempel rawan longsor. Hal ini disebabkan aktivitas penambangan liar di kawasan tersebut yang semakin marak.

Lokasi ini termasuk daerah perbatasan dengan Magelang Jawa Tengah, tepatnya daerah Salam. Pemerintah Desa (Pemdes) dan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) setempat sudah berulang kali menegur masyarakat agar tidak menambang di dinding-dinding tebing sungai karena rawan longsor.

Aktivitas penambangan ini menurut Camat Tempel, Wildan Solichin, sudah berlangsung cukup lama atau sekitar setahun terakhir. Untuk wilayah Tempel masih sebatas penambangan manual, namun yang masuk Magelang menggunakan alat berat. "Setahu saya aktivitas penambangannya tidak ada yang berizin. Kemungkinan yang di Magelang juga begitu. Tapi pastinya saya kurang tahu. Yang jelas untuk wilayah Tempel tidak izin terkait penambangan," ujar Wildan, Selasa (30/5).

Wildan menambahkan, izin galian C saat ini sudah dialihkan ke Pemda DIY. Meski demikian, pihaknya berharap instansi terkait dalam hal ini Pemda DIY dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) juga ikut melakukan pengawasan, serta tidak sebatas mengeluarkan izin. (Awh)

BERITA REKOMENDASI