Pendaftaran SMP/MTs Swasta di Sleman Diperpanjang, Ini Alasannya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kepala dinas pendidikan Sleman, Sri Wantini mengatakan, pendaftaran masuk sekolah SMP/MTs swasta di perpanjangan hingga Selasa (09/07/2019). Hal tersebut karena adanya masalah di sistem PPDB yang digunakan Dinas Pendidikan Sleman.  

"Waktu pendaftaran di sekolah swasta sampai hari Selasa besok. Kami juga akan menginformasikan kepada pihak sekolah swasta untuk memperpanjang waktu pendaftaran. Ini belum kami informasikan soal perpanjangan waktu," kata Sri saat jumpa pers di kantor dinas pendidikan Sleman, Jum'at (05/07/2019).

PPDB SMP/MTs swasta di Sleman sejatinya sudah dimulai dan selesai pada Jumat (hari ini). Namun karena pihaknya mendapat kendala dalam penerimaan PPDB SMP, sehingga perlu memperpanjang waktu.

Proses PPDB SMP negeri di Sleman yang sudah diumumkan kemarin mengalami masalah dalam sistem salah satunya nama calon siswa yang sudah terdaftar namun hilang dalam daftar ketika pengumuman.

Dari informasi yang diperoleh, data pendaftar peserta PPDB diterima yang hilang ada dua persen. Artinya ada 260 nama dari total 12.500 pendaftar PPDB 2019 di Sleman yang hilang. Dasar penyebabnya beragam, bisa jadi ada kemungkinan tidak masuk karena tergeser oleh sistem dan nilai calon siswa kurang.

Berkaitan dengan pendaftaran ulang di SMP Negeri, pihak Dinas Pendidikan Sleman juga akan ditunda. Jika sebelumnya pendaftaran harus dilakukan sejak kemarin dan hari ini, berpindah pada Sabtu (besok) dilanjut hingga Senin. 

"Jika pendaftaran swasta diperpanjang, hal ini sebagai antisipasi dalam memberikan kesempatan bagi calon siswa yang tidak masuk PPDB SMP," jelasnya. 

Sembari menunggu perbaikan data, pihaknya memberikan kesempatan SMP negeri yang ingin mengajukan kuota penambahan jika diperlukan. Pengajuan kuota tambahan ini diizinkan selama tak melebihi jumlah kursi yang tersedia. 

"Penambahan kuota ini berkaitan jumlah siswa di dalam rombel (rombongan belajar). Kita petakan dulu berdasarkan penelusuran data," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI