Peneliti UGM Benarkan Jahe Bikin Tubuh Resisten Virus Corona

SLEMAN, KRJOGJA.com – Prof Mustofa, Ahli Farmakologi UGM membenarkan jahe bisa menjadi salah satu penangkal virus Corona (COVID-19) masuk dan menginfeksi ke dalam tubuh manusia. Jahe disebut mampu meningkatkan sistem imun tubuh yang membuat resisten terhadap virus.

Menurut Mustofa, jahe kerap disebut sebagai imunodulator yang baik untuk tubuh manusia. Hal tersebut menurut Mustofa lebih baik daripada obat anti virus yang dibuat untuk mematikan virus dalam tubuh.

“Ketika sistem imun bagus maka akan resisten pada virus. Virus itu mudah bermutasi, sehingga dia kadang lebih cepat resisten pada obat anti virus yang ada dan di satu sisi anti virus sangat lambat penemuannya karena investasi yang sangat besar. Satu hal yang bisa dilakukan adalah memperbaiki sistem imun,” ungkap Mustofa, Selasa (3/3/2020).

Jahe dan empon-empon lainnya menurut dia memiliki sifat dasar meningkatkan imun tubuh. Tak keliru bila kemudian jahe menjadi salah satu opsi pencegahan masuknya virus ke dalam tubuh lantaran imunitas yang meningkat.

“Virus itu tak perlu obat anti virus, terpenting imun tubuh untuk membunuh virus itu. Tak hanya empon-empon tapi segala hal juga bisa dilakukan termasuk olahraga, makan sehat dan istirahat juga mengurangi stres. Panik yang berlebihan malah bisa berakibat stres dan kondisi tubuh menurun, ini yang harus dihindari,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI