Pensiunan Ajak Hidup Sehat dan Anti Narkoba

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan menjauhi narkoba bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan Relawan Anti Narkoba dan Penggiat Olahraga Drs Bambang Joko Gambiro SH SE MPd bersepeda keliling Sleman untuk menyampaikan pesan itu. Sasaran aksi ini yaitu di sekolah-sekolah agar kalangan pelajar lebih menyadari bahaya narkoba dan pentingnya menjaga imunitas dengan cara berolahraga.

Menurut Joko, ia bersepeda sendirian untuk mengkampanyekan anti narkoba dan hidup sehat. Rabu (02/09/2020) kali ini ia berkeliling sekolah-sekolah di Pakem. Mulai dari SMAN 1 Pakek, SMPN 1 Pakem, Layanan Pendidikan UPT Pakem, SDN 1 Pakem, TK Pakem dan Kantor Camat.

“Kita perlu menjaga imunitas dengan berolahraga ini penting apalagi di saat pandemi Covid-19. Saya sudah keliling di 16 kecamatan. Kamis (10/9) minggu depan, terakhir di Depok bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional,” terang Joko Gambiro kepada KRJOGJA.com, Rabu (02/09/2020).

Selama melaksanakan kegiatan gowes ini, Joko selalu singgah di sekolah, UPT pendidikan dan Kantor Kecamatan. Mantan Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Dispora Sleman ini berharap, dengan aksi yang pelajar dan masyarakat lebih paham bahaya tentang narkoba dan pentingnya berolahraga. “Dulu awalnya saya sendiri yang menginisiasi kampanye ini Saya melakukan aksi kampanye ini sejak bulan Juli lalu,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Pakem Kristya Mintarja mengaku, meski kampanye ini dilajukan di tengah pandemi namun para guru akan menyampaikan hal tersebut ke para siswa secara online. Ia mendukung kegiatan ini karena bahaya narkoba perlu dibangun kesadaran bersama dan cegah bersama-sama. “Sehingga generasinmuda anaknsekolah benar-benar terhindar dari narkoba,” terang Kristya.

Bahaya penyalahgunaan narkoba ini juga menjadi materi wajib yang disampaikan saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pihak SMAN 1 Pakem juga bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menyampaikan materi ini. “Kami juga buat slogan-slogan di website soal bahaya narkoba. Kami juga konsisten menguatkan pendidikan karakter ke anak agar menjauhi narkoba,” pungkas Kristya. (Aha)

BERITA REKOMENDASI