Penuhi Kebutuhan Pakan, Peternak Menebas Tebon

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Untuk memenuhi kebutuhan pakan sapi, peternak di Dusun Sendari Desa Tirtoadi Kecamatan Mlati Sleman ini memilih menebas tebon daripada membeli pakan di pasar. Selain harganya murah, hasil yang didapat bisa lebih banyak.

”Jika beli di pasar atau tempat jual tebon, harganya bisa lebih dari Rp 15 ribu perikatnya. Disamping itu, isinya juga cuma sedikit sekali. Tapi jika nebas ke petani langsung, saya bisa dapat banyak tebonnya,” ujar salah satu peternak sapi, Musidi (50), Jumat (29/12/2017).

Di situ, Musidi hanya mengambil tebon atau tanamannya saja. Sedangkan jagungnya diberikan kepada pemilik tanaman. Kendati demikian, harga nebas ketika ditawar, hanya Rp 100 ribu dirasa lebih murah dan bisa dapat lebih banyak tebon dari pada beli di pasar.

Nantinya, tebon-tebon itu akan dijadikan pakan untuk dua ekor sapi miliknya. Menurut Musidi, tebonnya yang diperolehnya dari langsung menebas dari petani bisa digunakan untuk memberi makan sapi hingga tiga hari lebih.

Jika habis, dia akan mencari petani lain yang memiliki tebon untuk ditebas lagi. ”Satu petak berkisar Rp 100 ribu. Tetapi terkadang juga ada yang lebih murah, bisa pula malah lebih mahal. Ya semua tergantung pemilik tanaman jagungnya,” ucapnya. (Adk)

BERITA REKOMENDASI