Penuhi Kebutuhan Susu Nasional, Dibutuhkan Regenerasi Peternak

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Susu Nasional yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, Danone Specialized Nutrition Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) bersama dengan Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) meluncurkan Program Regenerasi Peternak yang diperuntukkan bagi komunitas peternak lingkar Merapi sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Menurut Kementrian Pertanian konsumsi rata-rata susu segar saat ini sebesar 11.09 liter/kapita/tahun, masih dibawah target konsumsi 20 liter/kapita/tahun, sehingga masih sangat potensial untuk pengembangan peternakan susu sapi perah di Indonesia yang memiliki penduduk lebih dari 270 juta jiwa.

Di saat bersamaan menurut data Kementerian Perindustrian kebutuhan Susu Segar Dalam Negeri (SSDN) saat ini suplai susu dalam negeri hanya mampu memenuhi sekitar 20% saja, sedangkan sisanya masih menggantungkan dari impor. Sehingga susu segar menjadi salah satu komoditi yang potensi untuk dikembangkan.

Program ini menyasar kepada calon peternak muda atau peternak sapi perah pemula yang akan dibekali dengan pengetahuan dalam pemeliharaan sapi perah melalui bimbingan teknis ataupun secara online. Selain itu akan dibangun juga jaringan peternak sapi di lingkar Merapi agar mereka saling belajar satu sama lain.

Endah Prasetioningtias selaku Manufacturing Compliance Manager Sarihusada menyatakan bahwa Sarihusada merupakan sebuah heritage yang berdiri sejak tahun 1954 yang semula bernama NV. Saridele dan telah menjadi bagian dari sejarah perkembangan persusuan di DIY dan Jawa Tengah, khususnya bagi peternak di sekitar Gunung Merapi.

Selama ini Sarihusada terus berkomitmen untuk membina peternak susu segar dan terus berupaya meningkatkan penyerapan susu segar yang berasal dari lokal sesuai dengan arahan dari pemerintah.

“Salah satu hal yang menjadi fokus kami saat ini adalah terkait dengan rendahnya minat generasi muda terhadap bisnis peternakan sapi perah, sehingga Sarihusada bersama dengan mitra kami yaitu LPTP berupaya untuk melakukan satu tindak lanjut melalui peluncuran program semacam ini”, paparnya.

BERITA REKOMENDASI