Penumpang Padati Bandara Adisutjipto Yogyakarta

SLEMAN (KRjogja.com) – Ratusan ribu penumpang mulai padati Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Terhitung sejak H-11 atau tanggal 25 Juni hingga Minggu (3/7) atau H-3 total ada 178.197 penumpang yang naik turun melalui Bandara. Berdasarkan laporan dari posko lebaran, kenaikan penumpang mulai terjadi sejak 30 Juni atau H-6.

Dimana jumlah penumpang menembus angka 20 ribu. Ini sesuai prediksi, jika puncak arus mudik terjadi pada H-3.Keterlambatan penerbangan sempat mewarnai arus mudik di Bandara Adisutjipto. Bahkan ada yang sampai tiga jam.

"Saat itu langsung kita klarifikasi. Tapi ternyata pesawatnya yang terlambat dari Surabaya sekitar tiga jam," kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Persero Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Senin (04/07/2016).

Agus menjelaskan kasus serupa juga terjadi lagi pada H-6 kemarin. Total ada lima delay antara 49 menit hingga dua jam. Bagi calon penumpang dihimbau paham, akan hak mereka jika terjadi delay. Kebijakan ini  diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 89 Tahun 2015.

"Jika terjadi keterlambatan antara 30-60 menit, calon penumpang berhak atas minuman ringan. Jika rentang waktu antara 1-2 jam, maskapai harus menyediakan makanan dan minuman ringan. Jika sampai 3 jam tidak juga berangkat, maka harus menyediakan minuman dan makanan berat." (Awh)

 

BERITA REKOMENDASI