Penyembelihan Hewan Kurban di Zona Merah, Bagaimana Prosedurnya?

SLEMAN, KRJOGJA.com – Penyembelihan hewan kurban yang dilakukan masyarakat di wilayah zona merah kasus Covid-19 sebenarnya hanya boleh dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Namun karena di Sleman jumlah dan kemampuan RPH untuk menyembelih hewan kurban sangat terbatas, Pemkab Sleman mengizinkan penyembelihan dilakukan masyarakat dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

“Masyarakat atau panitia penyembelihan hewan kurban di zona merah harus mengajukan surat rekomendasi ke Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman,” ungkap Kepala DP3 Sleman Heru Saptono di Pendapa Parasamya Sleman, Selasa (23/6/2020).

Menurut Heru, pengajuan surat rekomendasi sudah bisa dilakukan mulai tanggal 1 Juli 2020. Sementara turunnya surat rekomendasi maksimal adalah dua minggu sebelum penyembelihan hewan kurban. Hal ini sengaja dilakukan karena perubahan zona penyebaran Covid-19 bisa tiap minggu berubah sesuai rekomnendasi Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Sleman.

“Jadi bisa saja yang sekarang masuk zona merah, namun mendekat Idhul Adha berubah menjadi zona oranye atau kuning bahkan hijau,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI