Peradi Tetap Usung Single Bar

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pehimpunan Advokat Indonesia (Peradi) tetap pada komitmen yang diamanahkan Undang-undang dengan asas single bar, atau hanya ada satu organisasi profesi advokat untuk kepentingan pencari keadilan. Saat ini mulai dilakukan langkah-langkah konsolidasi agar kembali menyatu.

“Banyaknya organisasi advokat (multi bar) justru berakibat dengan mudahnya advokat yang melakukan kesalahan berpindah atau malah mendirikan organisasi lainnya,” ucap Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi Dr Saut Taruli Tua Panggabean SH MH dalam Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Sleman 2021 – 2026 di The Alana Yogyakarta, Sabtu (04/12/2021).

Dikatakan sesuai hasil keputusan MA yang memenangkan Peradi, maka langkah pertama yang dilakukan dengan mengajak Peradi-peradi lainnya untuk kembali. “Baru kemudian ke organisasi di luar Peradi, dan nanti akan digelar Munas,” ujar Saut yang dalam pelantikan ini menyerahan SK dan pataka pada Ketua DPC Peradi Sleman 2021–2026, Hariyanto SH.

Sedang Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE yang turut hadir dalam pelantikan ini menyatakan Pemkab Sleman berharap jajaran advokat DPC Peradi Sleman bisa amanah dalam menjalankan profesinya. “Indonesia negara hukum, advokat Peradi Sleman bisa menjalanka profesi tidak hanya jasa di peradilan tetapi juga memberikan konsultasi dan pendampingan,” tegasnya.

Danang menyebutkan pendampingan dengan memberikan hak-hak fundamental pada warga/masyarakat yang dibela, “Permasalahan hukum semakin kompleks, tantangan Peradi Sleman untuk menghapus stigma penegakan hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas,” tegasnya. (Vin)

BERITA REKOMENDASI