Peran Mahasiswa Dibutuhkan Bantu Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mahasiswa KKN PPM UGM Unit JT388, (Kabupaten Karanganyar) dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dra Eko T Sulistyani MSc menyelenggarakan webinar bertema ‘Strategi Pemerintah dan Perspektif Mahasiswa dalam Upaya Pemulihan Dampak Pandemi pada Sektor Ekonomi’, Selasa (2/2/2021). Program ini sebagai wujud komitmen Mahasiswa KKN PPM UGM membantu pemerintah daerah dalam memulihkan dampak ekonomi akibat pandemi.

Webinar menghadirkan narasumber utama Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo dan Presiden Mahasiswa BEM KM UGM 2020 M Sulthan Farras Nans. Webinar dibuka oleh Sekretaris Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Rachmawan Budiarto ST MT diikuti antara lain Bappeda Karanganyar, Camat Karanganyar bersama ratusan peserta dari masyarakat Kelurahan Tegalgede, Bejen, Popongan Karanganyar serta mahasiswa KKN PPM UGM.

Ganjar Pranowo meminta mahasiswa KKN PPM UGM ikut andil dalam kegiatan ekonomi di dalam masyarakat. Ganjar mendukung KKN yang nyata dan terjun di masyarakat secara langsung. Menurut Ganjar, ada 6 peran mahasiswa guna pemulihan dampak pandemi di sektor ekonomi. Pertama, mahasiswa diminta untuk berkampanye pencegahan penularan Covid-19, lalu turut serta untuk mendampingi startup anak muda, menciptakan wirausaha baru berkualitas, membantu persiapan UMKM agar dapat masuk dunia digital.

Kemudian, turut menyosialisasikan dan mendampingi masyarakat dalam sektor UMKM, pertanian, dan pariwisata selama masa pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi. Melaksanakan KKN tematik sesuai kondisi dan potensi masyarakat setempat untuk mendukung pemulihan ekonomi. Membeli produk usaha masyarakat dapat pula membantu meningkatkan dan mempertahankan kehidupan ekonomi.

BERITA REKOMENDASI