Perbaikan 4 Jembatan, Jalan Gito-gati Bakal Ditutup Total

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP dan ESDM) Yogyakarta akan melakukan perbaikan empat jembatan di sepanjang Jalan Denggung-Wonoreno atau Jalan Gito-Gati. Sepanjang perbaikan, arus lalu lintas di sana akan ditutup total.

Keempat jembatan tersebut adalah Jembatan Denggung, Tlacap, Gondanglegi dan Tambakrejo. Pembangunan akan dilangsungkan Januari 2019 hingga 180 hari kerja atau selesai sekitar Mei 2019. Sedangkan 2020 akan dilanjutkan dengan peningkatan jalan.

"Di sepanjang ruas Jalan Denggung-Wonorejo ada empat jembatan. Untuk itu perbaikannya dilangsungkan sekaligus. Karena untuk perbaikan jembatan otomatis jalannya harus ditutup," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Sleman Sapto Winarno ketika mengenai Pemda DIY audiensi dengan Bupati Sleman terkait proyek tersebut di Ruang Rapat Bupati, Senin (7/1/2019).

Sementara itu untuk perbaikan jalan dilakukan 2020. Adanya kerusakan perkerasan jalan serta lalulintas harian rata-rata di sana tinggi dan juga sebagai jalur alternatif. Status jalan yang merupakan jalan propinsi juga memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi.

Kepala Bina Marga (Kabid) Bina Marga DPUPKP Sleman Ahmad Subkhan menjelaskan, yang menjadi permasalahan dari rencana Ini adanya sebagian pagar atau bangunan menjorok ke jalan memakai ruang milik jalan yang ada. Selain itu juga banyak pohon perindang yang terkena dampak. 

"Setidaknya ada sekitar 416 pohon di sepanjang jalan tersebut yang akan terdampak. Harapannya sebelum peningkatan jalan dimulai, kendala tersebut sudah tidak ada," jelasnya.(Awh)

BERITA REKOMENDASI