Percepat Penanganan, RS Sardjito Pindahkan Pasien Covid dari Tenda Darurat

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – RSUP dr Sardjito terus berbenah menghadapi lonjakan pasien kasus positif Covid-19. Selasa (27/7/2021), tenda-tenda darurat di depan Instalasi Gawat Darurat Covid tak lagi digunakan dan pasien mulai dipindahkan ke ruang rawat tambahan.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan pihaknya berupaya menambah 40 tempat tidur untuk pasien di Instalasi Rehabilitasi Medik atau Bangsal Anggrek 3. Kini, para pasien dengan gejala sedang, berat hingga kritis bisa langsung ditangani tanpa harus berada di tenda terlebih dahulu.

“Semua pasien (di tenda) sudah dimasukkan ke ruang perawatan eks IRM. Ada 40 tempat tidur dan harapannya bisa mempercepat pelayanan bagi pasien Covid agar termonitor dengan baik oleh tim medis rumah sakit,” ungkap Banu pada wartawan.

Selain itu, Sardjito juga diketahui mengubah gedung parkir lantai 3 menjadi 65 kamar ICU penanganan Covid. Pembuatan sudah dimulai sejak kemarin dan ditargetkan selesai 14 hari kedepan untuk segera dioperasikan.

62 ruangan digunakan untuk isolasi intensif, 2 ruangan untuk cuci darah pasien positif dan 1 ruangan untuk penempatan Extracorporeal Membrane Oxygenerator (ECMO). Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono menyaksikan langsung proses pembangunan di gedung parkir tersebut.

“Sardjito juga menyiapkan tambahan 2 isotank untuk menampung oksigen sentral liquid dengan kapasitas 20 ton. Kami harapkan pemenuhan oksigen liquid lebih terjamin dengan adanya tampungan lebih banyak,” tandas Direktur Utama RSUP dr Sardjito, dr Eniarti. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI