Perempuan Diminta Berdamai dengan Stres di Masa Pandemi, Ini Kiatnya

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pusat Studi Wanita UPN Veteran Yogyakarta bersama Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJIKI) menggelar seminar online bertajuk Tangguh Bencana Covid-19 Melalui Keluarga, Selasa (21/2/2020). Sekaligus memperingati Hari Kartini, narasumber pun berbagi kiat untuk perempuan agar bisa berdamai dengan stres di masa pandemi ini.

Beberapa narasumber dihadirkan yakni Dr Puji Lestari, Ketua Pusat Studi Wanita UPN Veteran Yogyakarta, Prof Rajab Ritonga yang merupakan Ketua 2 APJIKI serta Dr Lintang Ratri Rahmiaji yang juga pengurus APJIKI. Pembahasan menarik disampaikan ketiga narasumber dengan garis besar bawasanya keluarga harus menjalin komunikasi dengan baik di tengah pandemi saat ini terlebih ketika sebagian orang harus menjalankan kegiatan dari rumah.

“Saat ini komunikasi terutama dengan konsep dari hati ke hati harus bisa terjalin dalam keluarga. Masing-masing anggota keluarga harus membangun bounding, meningkatkan simpatibfsn empati serta penting meredam emosi,” ungkap Puji Lestari.

Keluarga saat ini menjadi filter paling depan untuk membentuk ketahanan. Apalagi tak sedikit yang harus mengalami goncangan ekonomi akibat dampak dari pandemi Covid ini.

“Di sini peran perempuan sangat besar bagaimana membentuk ketahanan keluarga. Komunikasi yang baik sangat penting kemudian kalau memungkinkan menata ulang keuangan keluarga,” ungkapnya lagi.

BERITA REKOMENDASI