Perempuan Warga Sendangarum Dilatih Buat Masker dan Olahan Makanan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Warga Desa Sendangarum Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman berlatih membuat masker dan makanan olahan kreatif, Selasa (01/09/2020). Pelatihan diinisiasi Amartha Mikro Fintek yang memiliki fokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro desa.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha mengatakan pihaknya berkomitmen memberikan pendampingan perempuan. Masa pandemi Covid ini, Amartha melihat semakin pentingnya pelatihan agar perekonomian masyarakat bisa terangkat.

“Pelatihan alternatif usaha merupakan salah satu upaya Amartha untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan, inovasi dan pemasaran online khususnya produk makanan olahan kreatif dan masker kain. Kami seturut rencana memberikan pelatihan pada 40 mitra di Minggir Sleman dan Piyungan Bantul,” ungkapnya di lokasi pelatihan Sendangarum.

Di Sendangarum, warga perempuan mendapat pelatihan pembuatan masker kain dan olahan makanan kreatif yang dimaksud adalah berbagai jenis nugget, otak-otak ikan dan tempura. Jenis usaha tersebut sangat besar karena biaya produksi terjangkau sehingga harga jualnya dapat sesuai dengan target pasar yaitu lingkungan sekitar.

“Model bisnisnya pun dapat dikembangkan menjadi sistem reseller untuk memperluas pasar yang dapat diraih. Usaha yang dipilih ini berdasarkan permintaan pasar saat ini dan kapasitas mitra Amartha sesuai hasil assessment sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan secara berkelanjutan,” teranganya.

Sementara salah satu peserta pelatihan, Wariyatun mengaku punya gambaran lebih luas untuk berusaha menumbuhkan ekonomi keluarga. Pelatihan menjahit masker dan membuat olahan kreasi makanan disebutnya sangat bermanfaat untuk para ibu di desanya.

“Ini lebih membuat kami lebih terampil, ya bisa masak dan usaha. Kami dilatih menjahit masker kain sama makanan dari ikan dan ayam tadi. Harapan kami bukan hanya pelatihan saja tapi juga tambahan modal mengembangkan untuk usaha,” harap Wariyatun. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI