Peringatan Hari Pramuka Terpusat di Lapangan Margokaton

SLEMAN, KRJOGJA.com – Peringatan Hari Pramuka ke 58 Tingkat Kabupaten Sleman bakal digelar Rabu 14 Agustus 2019 mulai jam 07.30 WIB di Lapangan Margokaton Seyegan Sleman Yogyakarta. 

Peringatan Hari Pramuka tersebut akan diikuti setidaknya 73 pleton atau lebih dari 2.000 peserta dari tingkatan SD, SMP dan SMA/K diwilayah kecamatan Seyegan, Godean, Gamping, Moyudan dan beberapa Perguruan Tinggi serta 150 tamu undangan. Menurut rencana Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si akan hadir sebagai pembina upacara.

Dalam kesempatan tersebut juga akan ditampilkan berbagai seni pertunjukan yang merupakan potensi seni budaya dari gugus sekolah yang ada diwilayah Sleman Barat. Demikian dinyatakan oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Sleman Arif Haryono, SH yang sekaligus juga menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Jum’at 9 Agustus 2019 di Kantor Kwarcab Sleman Jl. Rajimin No.11 Sucen Triharjo Sleman Yogyakarta.

Menjelang pelaksanaan upacara akan ditampilkan atraksi pendahuluan yang berupa drum band dari SD Muhammadiyah Gendol dan SMPN 1 Minggir, Tari Badui dari MI Margokaton dan hadroh dari SMK Negeri 1 Seyegan untuk menyambut kehadiran Bupati Sleman. Selain itu juga akan ditampilkan atraksi bela diri dari Saka Bhayangkara.

Arif menambahkan bahwa pihaknya merasa bangga karena perkembangan kepramukaan di Kabupaten Sleman dinilai begitu pesat dan memperoleh dukungan positif dari berbagai pihak. Oleh karenanya melalui peringatan Hari Pramuka ke 58 ini diharapkan menjadi tonggak yang penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan-kegiatan kepramukaan di berbagai tingkatan baik siaga, penggalang, penegak maupun pandega.

Pihaknya memiliki komitmen yang kuat untuk secara terus menerus mengembangkan kepramukaan di Kabupaten Sleman, mengingat gerakan pramuka merupakan wahana yang efektif untuk membangun bangsa khususnya melalui generasi muda, diantaranya untuk penguatan nasionalisme, penanaman karakter, dan penguatan jati diri. Pada saat ini pihaknya juga terus menerus melakukan penguatkan kelembagaan gugus depan dan kwartir ranting. 

Pada saat ini Sleman telah memiliki 12 Satuan Karya, yaitu Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Wana Bakti, Saka Wira Kartika, Saka Bakti Husada, Saka Widya Budaya Bakti, Saka Pariwisata, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Kalpataru, Saka Kominfo dan Saka Bahari. (*)
 

BERITA REKOMENDASI