Peringati Hari Pahlawan, Replika Tandu Sudirman Diluncurkan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tak sekedar menyelenggarakan upacara saja, namun peringatan Hari Pahlawan 10 November di Monumen Yogya Kembali (Monjali) juga dipakai untuk meluncurkan Replika Tandu Panglima Besar Jenderal Sudirman, Sabtu (10/11/2018). Nantinya, replika tersebut dapat digunakan pengunjung untuk mengelilingi kerucut Monjali. 

"Kami ingin ada sesuatu yang berbeda di Monjali. Untuk itu, bertepatan dengan Hari Pahlawan kami juga meluncurkan Replika Tandu Panglima Sudirman. Harapannya, pengunjung bisa merasakan langsung apa yang pernah dilakukan oleh Panglima Sudirman. Ini juga sebagai sarana edukasi pada generasi penerus," terang Kepala Bagian Operasional Badan Pengelola Monumen Yogya Kembali, Nanang Dwinarto disela acara.

Tujuan lain, replika itu bisa menunjukkan bagaimana anak buah Panglima Sudirman setia dan patuh pada pimpinan. Disamping itu, ada nilai-nilai sosial dan kegotongroyongan dari tandu tersebut. Tak heran jika Monjali ingin mengedukasi para pengunjung khususnya pelajar dan generasi muda untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan.

Kepala Badan Pengelola Monumen Yogya Kembali, Soetikno berharap, keteladanan pada pahlawan khususnya Panglima Sudirman agar dilaksanakan oleh generasi penerus. "Akhir-akhir ini generasi penerus kurang memperhatikan sejarah. Padahal, perjuangan para pahlawan dulu tanpa pamrih dan tidak memikirkan pangkat atau jabatan. Tetapi mereka berjuang agar bangsa Indonesia bisa selamat dari penjajah," tandas Soetikno.

Adapun upacara bendera diikuti seluruh karyawan Monjali dan komunitas Historia 24249 Pleton Z dari Monumen Plataran Selomartani Kalasan dengan mengenakan pakaian pejuang. (Adk)

BERITA REKOMENDASI