Peringati Wiyosan, Peguyuban Ngudi Utomo Gelar Sarasehan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Paguyuban Ngudi Utomo melaksanakan kegiatan hari besarnya atau Haul yang ke 106 tahun yang bersamaan dengan wiyosan Guru besarnya Martowiyono. Martowiyono diketahui seorang yang menggali, menemukan ajaran yang bagus pada semua orang secara lahir dan batin.

Pemberkatan tumpeng dilaksanakan pada perayaan hari besar Ngudi Utomo baik putra siswa serta tamu undangan. Kegiatan ini dihadiri 200 putra siswa serta tamu undangan dan berlangsung di Dusun Bayan, Girikerto Turi Sleman. Acara tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia, doa bersama yang diikuti semua yang hadir pada malam itu.

“Ngudi Utomo mengajarkan budi pekerti yang luhur, seperti misal siswanya dilarang berbuat yang merugikan orang lain dan menolong orang lain yang membutuhkan tanpa pamrih,” ujar ketua panitia kegiatan Sudihartono, Rabu (6/7/2022).

Pada acara hari besar Ngudi Utomo, ada tiga narasumber yang menyampaikan soal ajaran Ngudi Utomo. Tiga nara sumber tersebut adalah Marijo selaku sesepuh, Sutrisno serta Sunaryo. Dengan materi atau tema ‘Ngudi Utomo Cara Hidup Baru’. Putra siswa Ngudi Utomo tersebar di beberapa daerah seperti, Bandung, Purbalingga, Magelang,Wonosobo, Klaten, Bali, Madiun dan wilayah DIY serta sekitarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI