Perketat SOP Penyelenggaraan Pilkades e-Voting

Diantaranya, 1.200 mahasiswa yang berperan sebagai TTL untuk memastikan tidak terdapat suspect atau carrier Covid-19. Selain itu Pemkab Sleman juga harus memastikan kesehatan penyelenggara e-voting baik Tenaga Teknis Utama (TTU) maupun TTL.

“Sebaiknya ada pengalokasian anggaran khusus untuk pemenuhan asupan gizi dan aktivitas PHBS yang baik selama menjalankan tugasnya. Dan jaminan kesehatan bagi TTL dan TTU ketika menjalankan tugasnya mengalami persoalan kesehatan apalagi jika terkait Covid-19,” pintanya.

Di samping itu, penting juga pemberlakuan PHBS di TPS seperti air mengalir dan sabun untuk cuci tangan dan tisu untuk mengeringkan. Sehingga semua alat-alat yang dipegang dalan rangka e-voting tidak menjadi sarana penularan Covid-19.

“Pemberlakuan social distancing atau jaga jarak aman di TPS yang ketat juga diberlakukan. Tidak bersalaman, tidak berkerumun atau berlama-lama di TPS, mengenakan masker terutama yang batuk dan pilek, serta tidak membawa anak- anak ke TPS. Untuk menghindari antrian, undangan dibagi berdasarkan jadwal jam yang sudah dibagi-bagi, sehingga tidak ada antrian di TPS,” pesan perempuan yang kerap dipanggil Atin ini.(Sni)

BERITA REKOMENDASI