Permudah Masyarakat Desa Mengurus SIM, Ditlantas Luncurkan SIMMADE

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masyarakat di pedesaan, kini tak perlu jauh-jauh ke Polres untuk ujian SIM. Hal ini setelah Ditlantas Polda DIY melouncing SIM Masuk Desa (SIMMADE) di Balai Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem Sleman, Selasa (28/7/2020).

Dengan SIMMADE, masyarakat pedesaan khususnya sekitar lereng Merapi, kini bisa membuat dan memperpanjang SIM C di Balai Desa Candibinangun. Wakapolda DIY Brigjen Pol YR Slamet mengatakan, inovasi itu dalam rangka menuju adaptasi baru. “Mengurangi kerumunan massa yang antre membuat SIM di tingkat Polres, kita jemput bola. Kita adakan ujian teori dan praktik SIM di balai desa, sehingga masyarakat di pedesaan bisa membuat SIM tanpa jauh-jauh ke Satpas,” ujarnya.

Untuk sementara, layanan SIM hanya diperuntukkan bagi pembuatan maupun perpanjang SIM C dan perpanjang SIM A. Namun saat ini, Ditlantas sedang mempersiapkan terkait teknis ujian praktik SIM A. Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasetya menambahkan, pada saat bersamaan, semua Polres jajaran juga melouncing SIMMADE di desa yang sudah ditunjuk.

BERITA REKOMENDASI